Senin, Juli 4, 2022
Google search engine
BerandaTutorialInformasi Lengkap dan Cara Pemasangan Mud Guard Motor

Informasi Lengkap dan Cara Pemasangan Mud Guard Motor

Kini ada berbagai perlindungan dan alat tambahan untuk mempercantik serta melindungi tubuh fisik kendaraan, khususnya untuk mobil atau motor pribadi. Biasanya pemilik kendaraan bermotor akan memasang mud guard motor untuk melindungi bagian dalam dari cipratan air. Terlebih lagi ketika akan memasuki musim penghujan atau melewati jalan yang tergenang air, maka ini akan membantu,

Kepopuleran penggunaan mud guard motor bahkan membuat pabrik pembuatan kendaraan memasangnya sebagai komponen pelengkap tambahan. Beberapa bengkel terkadang menyediakan paket penjualan beserta pemasangan komponen ini. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian, fungsi, cara pemasangan, dan harga mud guard dapat disimak sebagai berikut:

Pengertian dan Fungsi Penggunaan Mud Guard Pada Motor

Sebelumnya sudah terus disebut mengenai mud guard motor, tetapi ada begitu banyak orang yang mungkin tidak memahaminya. Perlu diketahui bahwa mud guard ini berbentuk seperti tempurung yang dapat cocok terpasang pada ban belakang. Biasanya berwarna hitam dengan sifat yang kuat namun juga elastis yang butuh pemasangan khusus tetapi tidak sulit juga untuk melakukannya di rumah.

Berdasarkan bentuk dan letak mud guard motor dapat diketahui sedikit fungsinya adalah sebagai pelindung agar cipratan ban tidak terlalu besar. Seringkali motor bebek atau matic mungkin tidak memiliki terlalu banyak pengaruh ketika menggunakan komponen ini. Akan tetapi, pada motor yang memiliki tempat duduk tinggi seperti motor sport berbeda.

Ketika ada genangan air atau sehabis hujan, pasti sering melihat motor sport yang tinggi tempat duduk belakangnya mencipratkan air jauh dan tinggi. Oleh karena itu, pengendara di belakang sering terkena hingga ke wajah atau baju. Hal ini dapat ditangani dengan memasang mud guard yang dapat mengalihkan cipratan agar tidak mengenai pengendara lain.

Harga dan Cara Pemasangan Mud Guard Untuk Motor

Beralih ke pembahasan berikutnya yaitu harga dan cara memasang mud guard di rumah karena sangat mudah melakukannya. Sebenarnya ada banyak penyedia jasa layanan pemasangan mud guard, seperti bengkel atau ahli lainnya. Akan tetapi, pemilik kendaraan juga dapat membeli secara online yang lebih murah, kemudian melakukan pasangannya secara mandiri.

Untuk perkiraan harga mud guard yang ada di toko online berkisar antara 50 hingga 120 ribu rupiah yang dibedakan pada toko yang menjual dan jenisnya. Namun, ada juga mud guard yang dapat digunakan secara universal atau dapat dipasang dimana saja. Nah untuk memasangnya, mungkin dapat mengikuti rangkaian langkah yang ada di bawah ini yaitu:

  • Persiapkan seluruh alat dan bahan yang dibutuhkan. Akan lebih baik untuk melakukan pemasangan di tempat luas dan juga cukup cahaya.
  • Lepas mur dari as roda yang dapat dilakukan dengan menggunakan kunci pas yang sesuai ukuran.
  • Kemudian pasang bracket mud guard sesuai bentuk ban pada penyetel rantai yang terbuat dari besi.
  • Pastikan ukurannya cocok dan sesuai, jangan sampai terbalik. Ketika belum sesuai, maka lakukan pengepasan hingga tidak goyang.
  • Pasang kembali mur as roda dengan menyambungkan mud guard.
  • Tambahkan batu L yang sudah tersedia juga dalam pembelian mud guard secara otomatis.
  • Kembalikan semua komponen dan sesuai, pastikan bahwa pemasangan tidak membuatnya goyang.
  • Terakhir dapat dicoba dengan mengendarai motor untuk memastikan pemasangan.

Itulah sedikit pengetahuan dari mud guard motor meliputi pengertian, fungsi, cara pemasangan, serta harga umum yang beredar di pasaran. Pelindung ini akan sangat berguna bagi motor yang memiliki tempat duduk tinggi sebab seringkali cipratan airnya cukup besar dan tinggi. Demikian pembahasan kali ini dan semoga dapat bermanfaat agar dapat digunakan dengan baik.

 

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments

Jasa Mempercepat Website