Rabu, Juni 29, 2022
Google search engine
BerandaMOTORACINGMOTOGPMotor MotoGP dari Masa ke Masa Yang Semakin Elegan

Motor MotoGP dari Masa ke Masa Yang Semakin Elegan

Para pecinta olahraga motor pasti tidak ketinggalan juga dengan perlombaan balap motor MotoGP. Namun, pernahkan memperhatikan bahwa motor MotoGP dari masa ke masa telah mengalami perubahan. Tentunya perubahan tersebut tidak hanya pada body nya saja, namun juga performa mesin yang semakin diperbaharui. Berikut akan dipaparkan beberapa jenis motor MotoGP yang telah mengalami perubahan:

1. Motor Balap NSU Rennmax

Angkatan pertama jenis motor yang digunakan ini jika dilihat sekilas mirip dengan lumba-lumba pada bagian fairingnya. Motor jenis ini pertama dipakai oleh tim balap dari Jerman. Untuk spesifikasinya menggunakan mesin Engine: NSU dengan dua silinder.

2. Honda RC211V 

Motor motoGP dari masa ke masa yang akan dibahas selanjutnya adalah motor Honda RC211V. Para pengamat memprediksi bahwa mesin dari motor ini akan menjadi terobosan baru untuk mesin motor dimasa depan. Untuk mesin dari motor ini sendiri sampai saat ini belum ada yang bisa dan berani menirunya.

Untuk motor Honda RC211V ini sendiri menjadi bagian dari keturunan Honda CBR1000RR. Dan untuk mesinnya pengembang terinspirasi langsung dari sport bike. Jadi, meluncurnya produk motor ini membuat perkembangan motor GP yang semakin keren.

3. Proton KR5

Selanjutnya ada motor yang dikembangkan dari Honda V5 4-Tak yaitu motor proton KR5 2003. Motor ini sudah tidak asing lagi bagi penggemar motor balap, terlebih jika penggemar berat Kenny Roberts dimana saat itu pembalap tersebut yang menggunakan motor ini.

Jika dilihat sekilas keberadaan motor Proton KR5 memang sedikit menyaingi dari produk Honda RC211V. Perlu diketahui bahwa pada awalnya pembalap ingin menggunakan mesin KTM V4 yang berasal dari Hondak V-5 namun tidak berhasil dan akhirnya muncul produk KR5 ini.

4. Aprilia RS Cube

Selanjutnya motor MotoGP dari masa ke masa adalah Aprilia RS Cube. Pada tahun 2002 an kebanyakan motor menggunakan mesin empat silinder. Namun, berbeda dengan inovasi yang dikembangkan oleh aprilia ini, motor keluarannya menggunakan mesin 990CC dengan tiga silinder.

Adapun penggunaan mesin motor ini juga sudah dimodifikasi. Sehingga performanya lebih kuat dan kokoh untuk masuk dalam arena pertandingan balap. Namun sebenarnya mesin semacam ini lebih sering digunakan pada mobil balap seperti formula one.

5. Blata V6

Blata V6 adalah perkembangan motor MotoGP selanjutnya. Mesin ini dibuat di pabrik motor di Ceko. Adanya motor ini sengaja dirancang khusus untuk tim WCM. Pengembang motor ini telah melakukan modifikasi menjadi kapasitasnya 900 CC dan mesin 6 silinder (V6).

Namun, sebenarnya inovasi tersebut memang sudah dipikirkan dari lama, kurang lebih sejak motor GP beralih pada mesin motor 4-Tak disekitar tahun 2002-an. Tentunya dengan inovasi tersebut membuat performanya semakin didepan dan kekuatannya juga tidak bisa diragukan lagi.

6. Ducati Desmosedici GP17

Selain perkembangan dari kelima motor diatas, ada lagi spesifikasi motor yang berbeda dengan sebelumnya yaitu Ducati Desmosedici GP17. Untuk kelebihan dari mesin motor ini bisa diamati mulai dari power yang dimiliki hingga 250 HP.

Sedangkan bobot motor yaitu 157 kg yang memiliki kecepatan hingga 350 km per jamnya. Jadi, jika diperhatikan perbaikan dan inovasi yang dihadirkan akan sangat membantu dalam performa motor ini saat di lapangan tanding.

Demikian itu rangkuman mengenai perubahan motor motoGP dari masa ke masa yang semakin elegan. Tidak hanya tampak dari desain yang semakin menarik. Mesin dan performa di lapangan balap juga semakin gesit. Dimana inovasi tersebut akan membuat para pembalap semakin mudah menuju kemenangan.

 

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments

Jasa Mempercepat Website