Senin, Juni 27, 2022
Google search engine
BerandaOTOMOTIFIndikator Bensin Motor Mati? Ketahui Penyebab dan Solusinya Di sini!

Indikator Bensin Motor Mati? Ketahui Penyebab dan Solusinya Di sini!

Saat berkendara dengan sepeda motor, indikator bensin motor membantu pengendara untuk mengetahui motor memerlukan pengisian bensin atau belum. Tentu saja, jika indikator ini mati, bisa saja motor mati mendadak kehabisan bensin tanpa diketahui. Jika indikator bensin mati, sebaiknya pengendara mengetahui sebabnya untuk segera melakukan perbaikan.

Penyebab Indikator Bensin Mati

Ada beberapa hal yang menyebabkan hal ini terjadi. Ketahui sebab indikator bensin motor mati untuk memperbaikinya. Simak ulasannya berikut ini.

1. Speedometer Rusak

Indikator bensin terletak di bagian speedometer. Fungsi dari bagian speedometer memanglah menampilkan informasi terkait mesin motor yang sedang dikendarai. Oleh karena itu, bagian ini memiliki cukup banyak komponen-komponen elektronik. Indikator bensin yang mati sangat mungkin disebabkan oleh komponen elektronik speedometer yang rusak atau korslet.

2. Aki Habis

Aki merupakan sumber kelistrikan yang digunakan di sepeda motor. Terlebih lagi untuk menyalakan bagian-bagian di speedometer, termasuk indikator bensin. Aki menjadi sumber utama energi untuk membuat indikator bensin bisa menyala. Apabila aki habis, tentu indikator bensin tidak bisa menyala. Pengendara motor perlu melakukan cek dan pengisian aki secara berkala.

3. Sistem Kelistrikan Motor Error

Sistem kelistrikan pada sepeda motor berguna untuk mengalirkan arus listrik dari sinyal fuel sensor. Untuk mengalirkan arus, sistem ini menggunakan kabel. Apabila terdapat kerusakan atau patah pada kabel, maka arus listrik otomatis terhenti dan tidak bisa tersalurkan dari fuel sensor. Periksa jalur arus dengan tespen test lamp untuk mengetahuinya.

4. Pelampung Bensin Rusak

Pelampung bensin merupakan alat pengukur volume bensin pada sepeda motor. Alat pengukur ini akan menentukan jumlah volume bensin yang terdapat di tangki penyimpanan bensin. Selanjutnya, dari pelampung, hasil pengukuran akan dikirimkan ke jarum indikator bensin melalui sistem kelistrikkan yang sudah disebutkan sebelumnya.

5. Komponen Fuel Sensor Error

Penyebab terakhir mengapa indikator bensin mati ialah kerusakan pada fuel sensor. Fuel sensor ialah komponen pada sepeda motor yang berfungsi untuk mengirimkan sinyal dari pelampung bensin. Komponen ini merupakan salah satu komponen yang paling sering menyebabkan indikator bensin pada sepeda motor mati.

Solusi

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan apabila masalah ini terjadi pada pengendara. Cara-cara mengatasinya ini tentu sesuai dengan penyebab yang telah disebutkan di atas. Cek aki untuk mengetahui apakah aki drop atau masih dalam keadaan sehat.

Biasanya jika masalah disebabkan oleh aki yang habis maka fungsi kelistrikan lain tidak bisa dijalankan dengan normal. Ini berarti, jika indikator bensin mati bersamaan dengan speedometer atau starter motor, maka ada kemungkinan aki pengendara habis. Namun jika hanya indikator bensin saja yang mati, segera cek bagian lain.

Jika indikator bensin mati namun terkadang masih bisa bergerak, ini tandanya ada gangguan di alat ukur bensin. Bisa jadi kerusakan pada pelampung atau fuel sensor nya. Beli pelampung baru dari bengkel resmi untuk memperbaiki kerusakan ini. Lepaskan pelampung lama dan pasang kembali pelampung yang baru agar indikator bensin kembali menyala.

Namun, apabila pengendara tidak bisa menemukan penyebab dan solusinya dari ulasan di atas, maka sebaiknya bawa sepeda motor ke bengkel resmi. Di bengkel resmi, sepeda motor justru akan diperiksa secara lebih menyeluruh. Tentunya ini membuat perbaikan indikator bensin yang rusak menjadi lebih tepat dan terjamin.

Demikian penyebab dan solusi untuk indikator bensin motor yang mati. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa membantu pembaca mengetahui sebab-sebab kerusakan pada indikator bensin sepeda motornya.

 

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments

Jasa Mempercepat Website