Senin, Juli 4, 2022
Google search engine
BerandaMOTORACINGMOTOGPYuk Ketahui Fungsi CDI Motor Dan Juga Komponen Pendukung Yang Dibutuhkan

Yuk Ketahui Fungsi CDI Motor Dan Juga Komponen Pendukung Yang Dibutuhkan

Dalam suatu mesin, biasanya terdapat komponen yang memiliki peran penting sehingga mesin tersebut dapat berfungsi. Kendaraan seperti sepeda motor juga dilengkapi dengan mesin yang didukung dengan komponen khusus, salah satunya adalah CDI. Perannya yang sangat penting dapat diketahui dari fungsi CDI motor beserta komponen pendukung yang dibutuhkan akan diulas di bawah ini :

Inilah Fungsi CDI Motor Yang Perlu Diketahui

Kendaraan sepeda motor memiliki mesin yang didukung beberapa komponen utama, seperti CDI. Adapun komponen CDI atau sebutan dari Capacitor Discharge Ignition merupakan sistem yang memiliki peran sebagai pengapian dari mesin yang digunakan. Peran CDI ini sangat penting agar kendaraan bisa digunakan bagi pengendara.

Adanya komponen seperti CDI ini bekerja dengan memanfaatkan kapasitor dimana komponen tersebut akan menyerap energi sehingga menghasilkan tegangan yang dibutuhkan mesin. Performa pengapian dan pembakaran seperti ini akan membantu untuk membuat mesin menyala sehingga kendaraan bermotor dapat digunakan.

Kegunaan dari komponen CDI memberikan pengaruh bagaimana performa dari kendaraan bermotor. Pengapian dalam sistem mesin perlu diperhatikan karena dari komponen ini nantinya juga memiliki pengaruh terhadap komponen lainnya. Dalam sistem pengapian akan dibutuhkan percikan api yang akan membantu performa komponen seperti busi.

Pentingnya pengapian dan pembakaran pada mesin kendaraan bermotor membuat komponen seperti CDI dibutuhkan untuk memaksimalkan kinerjanya. Di bawah ini terdapat sejumlah fungsi CDI motor yang perlu dipahami diantaranya adalah berikut ini :

  • Mengirim arus listrik yang dibutuhkan mesin
  • Berperan dalam sistem pengapian mesin
  • Sebagai pengontrol konsumsi bahan bakar
  • Menjaga performa kendaraan agar dapat dijalankan

Deretan Komponen Yang Dibutuhkan Untuk CDI Motor

Kendaraan bermotor memiliki mesin yang terhubung dari beberapa komponen yang berfungsi untuk memberikan pengaruh terhadap komponen lainnya. Hal tersebut juga berlaku pada sistem pengapian yang terdapat pada kendaraan bermotor. Sebagai komponen yang berperan penting, CDI memiliki performa yang harus didukung dengan berbagai komponen seperti berikut ini :

1.  Spul Magnet

Adanya spul atau sering dikenal dengan motor magnet ini ternyata juga berpengaruh pada fungsi CDI motor dan performanya. Komponen spul ini bersifat statis yang akan membantu untuk mempengaruhi aliran terhadap poros suatu mesin. Pada akhirnya, aliran listrik akan berubah menjadi arus AC dan menghasilkan tegangan yang dibutuhkan oleh komponen seperti CDI ini.

2. Unit CDI

Kebutuhan dari unit yang satu ini juga berperan untuk menjaga performa CDI pada mesin kendaraan bermotor. Tegangan yang dihasilkan nantinya akan dihantarkan menuju koil pada mesin. Biasanya unit ini terdiri beberapa kapasitor dimana memiliki peran sebagai media penyimpanan arus listrik yang akan dibutuhkan nantinya.

3. Busi

Komponen yang tidak kalah penting untuk memaksimalkan performa dari CDI adalah bagian busi. Pada bagian ini nantinya akan berguna sebagai media dimana akan menghasilkan percikan api yang sangat dibutuhkan bagi sistem pengapian. Api akan dihasilkan oleh busi apabila bagian elektroda baik itu negatif dan positif memiliki jarak yang dekat.

Tambahan dari komponen kabel pada busi yang digunakan juga memiliki pengaruh dalam sistem CDI. Aliran listrik yang terdapat pada suatu komponen seperti ignition coil akan dihantarkan melalui kabel ini. Adapun kabel yang dibutuhkan sebagai penyalur aliran listrik ini setidaknya terdiri dari lapisan kawat yang terbuat dari tembaga ditambah serabutnya.

Demikian informasi terkait fungsi CDI motor beserta beberapa komponen pendukung yang perlu digunakan dalam sistem mesin. Perannya yang memiliki pengaruh besar pada mesin kendaraan bermotor membuat komponen seperti CDI ini harus diperhatikan dan dirawat. Dengan adanya komponen CDI yang terjaga akan membantu untuk memaksimalkan sistem mesin pada kendaraan.

 

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments

Jasa Mempercepat Website