Rabu, Juni 29, 2022
Google search engine
BerandaOTOMOTIFCara Mudah Cek Kondisi Shock Breaker Motor

Cara Mudah Cek Kondisi Shock Breaker Motor

Cara Mudah Cek Kondisi Shock Breaker Motor

Otoriders.com Hallo Sobat Otomotif, Shock absorber atau suspensi merupakan komponen pada setiap sepeda motor. Komponen ini sangat penting mengingat mempengaruhi kenyamanan berkendara. Peredam kejut berfungsi meredam getaran sepeda motor saat melewati jalan bergelombang, tidak rata, atau berlubang.

Shock absorber atau peredam kejut memiliki masa pakai tersendiri, dan bisa dikatakan umur pakai shock absorber sepeda motor ini sangat panjang. Namun, hal ini masih dipengaruhi oleh kebiasaan berkendara pengguna.

Jika Anda berkendara dengan kecepatan tinggi, mengemudi dengan ugal-ugalan, dan tidak mengerem saat melewati gundukan kecepatan atau lubang, pasti akan mempengaruhi suspensi sepeda motor Anda. Semakin sering Anda melakukan ini, semakin pendek masa pakai Shockbreaker. Selain itu, membawa beban berat pada sepeda motor juga dapat merusak kondisi suspensi sepeda motor.

 

Sayangnya bagi sebagian orang masih belum mengetahui cara mengecek kondisi shock absorber atau suspensi sepeda motor. Karena rumitnya, masyarakat lebih memilih pergi ke bengkel dan bertanya langsung kepada mekanik.

Nah, daripada pergi ke bengkel, berikut tips dari kami cara mudah mengecek kondisi shock Anda tanpa harus ke bengkel. Baca lebih lanjut tentang tips di bawah ini.

Cara Mudah Cek Kondisi Shock Absorber Motor Anda

1. Pukul peredam kejut sepeda motor Anda

Peredam kejut yang rusak atau kondisi suspensi sepeda motor bisa memantul kembali. Periksa jalannya, Anda dapat menekan suspensi dan melihat reaksi apa yang ditimbulkannya.

Guncangan yang terkunci kembali ke tempatnya dengan cepat berarti goncangan tersebut rusak. Hal ini dikarenakan shock absorber sudah tidak mampu lagi menyerap goncangan. Jadi jika Anda melewati jalan yang kasar, Anda mendapatkan ketukan yang sangat keras, yang tentu saja membuatnya tidak nyaman untuk dikendarai.

Jika hal ini terjadi, Anda harus segera mengganti Shockbreaker atau suku cadang suspensi sepeda motor dengan yang baru. Namun, jika masalahnya karena suspensi sepeda motor kering, Anda bisa mengoleskan oli atau pelumas ke dalamnya untuk membantu kerja suspensi.

2. Lepaskan Shockbreaker terlebih dahulu

Cara mengecek kondisi suspensi sepeda motor yang kedua adalah dengan melepasnya dari kendaraan. Lepaskan pegas dan tekan kompresi setiap belokan. Jika Anda menekan keras, shock atau suspensi tidak dalam kondisi terbaik.

3. Lihat shock absorbernya, apakah ada kebocoran oli?

Kondisi suspensi sepeda motor yang buruk juga bisa terjadi akibat kebocoran oli. Jika hal ini terjadi, maka Anda harus segera menggantinya dengan suspensi baru. Jangan sampai hal tersebut terus terjadi karena akan mempengaruhi kenyamanan berkendara Anda.

Misalnya, jika oli bocor dan menetes pada bantalan rem, dapat menyebabkan rem sepeda motor gagal. Jika Anda sedang berkendara, tentu hal ini sangat berbahaya mengingat rem merupakan salah satu komponen yang harus selalu dalam kondisi prima saat berkendara.

4. Berkendara di jalan yang kasar

Terakhir, Anda bisa langsung mengecek kondisi shock absorber atau suspensi sepeda motor di jalan bergelombang. Ajaklah seorang teman untuk berkendara dan cobalah melintasi jalan yang kasar. Jika guncangan tidak dalam kondisi nyaman, Anda akan mendengar bunyi gedebuk kasar saat melewati jalan kasar.

Nah, begitulah cara cek kondisi shockbreaker motor anda, anda bisa mengecek kondisi suspensi motor anda dengan cara ini. Rawat suku cadang sepeda motor Anda secara teratur untuk menghindari kerusakan dan membuatnya lebih tahan lama. Selamat mengemudi.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments

Jasa Mempercepat Website