Rabu, Juni 29, 2022
Google search engine
BerandaMOTORACINGMOTOGPApa Perbedaan Moto2 dan Motogp? 5 Perbedaan Yang Membuat Penasaran

Apa Perbedaan Moto2 dan Motogp? 5 Perbedaan Yang Membuat Penasaran

Ajang balapan MotoGP dan Moto2 merupakan tontonan yang populer di Indonesia. Alasannya, karena aksi salip-menyalip yang disuguhkan pembalap MotoGP ataupun Moto2 sangat menarik untuk disaksikan. Namun, banyak orang yang belum tahu perbedaan Moto2 dan MotoGP. Lantas, apa perbedaan Moto2 dan MotoGP? Inilah Jawaban  lengkapnya:

1. Jenis Engine Sepeda Motor yang Berbeda

Perbedaan yang paling mencolok antara Motogp dengan Moto2 adalah jenis engine sepeda motor yang berbeda. Perbedaan antara keduanya yakni MotoGP menggunakan tenaga mesin 4 tabung berkapasitas seribu sentimeter kubik. Sementara itu, engine  Moto2 menggunakan teknologi engine motor bermuatan tujuh ratus enam puluh lima centimeter cubic.

Lalu, pada bagian mesin motor Moto2 memakai jenis machine berjumlah tiga cylinder. Selain itu, perbedaan yang bisa ditemukan pada Moto 2 dan MotoGP terletak pada pemasok engine motor. Perbedaan itu dikarenakan motor di kelas Moto2 memakai mesin yang dikirimkan oleh satu distributor. Sedangkan,  MotoGP menggunakan mesin spesifik untuk race.

2. Tingkat Kelincahan Motor Tidak Sama

Tingkat kelincahan motor merupakan hal yang paling terlihat ketika membandingkan antara jenis Moto2 dan MotoGP. Hal itu dapat terjadi karena ukuran muatan mesin yang tidak sama dapat membuat tingkat kelincahan motor yang berbeda-beda. Contoh MotoGP dengan 1000 centimeter kubik menghasilkan motor berkecepatan 350 KM/ Hours.

Sementara itu, level kelincahan motor di kelas Moto2 hanya 295 KM/ Hours.  Oleh sebab itu, tidak heran bila Motor yang berlaga di kelas MotoGP bisa menempuh jarak 100 Kilometers dalam waktu singkat. Selain itu, motor pada kelas MotoGP juga bisa melakukan manuver mendahului motor lain dengan baik.

3. Energi Motor MotoGP dan Moto 2

Energi motor baik di kelas MotoGP atau Moto 2  memiliki kekuatan yang berbeda.  MotoGP sebagai motor kelas tertinggi memiliki tenaga kuda yang jauh lebih besar dari kelas Moto 2 yakni dua ratus lima puluh tenaga kuda. Sehingga, menghasilkan sepeda motor dengan akselerasi tinggi.

Sementara itu untuk motor di kelas Moto2 hanya menghasilkan tenaga kuda sebesar 140  tenaga kuda. Hal itu membuat manuver motor kelas Moto 2 tidak secepat motor di kelas MotoGP. Meskipun demikian,  pembalap tetap bisa bermanuver dengan sangat baik.

4. Berat Sepeda Motor

Berat sepeda motor juga menjadi pembeda yang paling mencolok antara MotoGP dan Moto2. Moto2 sebagai kelas balapan motor satu kasta di bawah MotoGP mempunyai ukuran timbangan motor  sebesar dua ratus tujuh belas kilogram. Ukuran tersebut sudah termasuk orang yang mengendarai motor.

Selanjutnya, timbangan Motor balap di kelas MotoGP cukup ringan yakni cuma 157 KG saja. Hal itu membuat orang  yang membalap di kelas MotoGP lebih mudah untuk susul- menyusul pembalap yang ada di depannya. Alhasil, akan membuat pertunjukan balapan menjadi lebih seru.

5. Level Persaingan yang Berbeda

Level persaingan yang berbeda jauh merupakan jawaban yang paling banyak dilontarkan orang ketika ditanya tentang apa perbedaan Moto2 dan MotoGP?  Penyebabnya, yaitu peraturan yang sangat sempit. Pada kelas Moto2 seluruh komponen motor mulai dari engine, chassis, roda dan bensin harus serupa. Hal ini mengakibatkan performa motor tidak terlalu kencang.

Hasilnya,  membuat jalannya proses race minim momen susul menyusul. Oleh sebab itu, pertarungan di kelas Moto2 kurang begitu diminati oleh pecinta perlombaan balap motor. Bukan hanya itu,  efeknya membuat hanya beberapa pembalap yang bisa naik ke kelas MotoGP. Sebab, kemampuan pembalap kurang tereksplorasi secara maksimal.

Demikian pembahasan dari apa perbedaan Moto2 dan MotoGP. Pembahasan tersebut, sudah pasti menambah pengetahuan tentang perbedaan antara Moto2 dan MotoGp. Supaya, penonton makin cinta dengan MotoGP sekaligus balapan di kelas lainnya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments

Jasa Mempercepat Website