Rabu, Juni 29, 2022
Google search engine
BerandaOTOMOTIF5 Penyebab Turun Mesin Motor Yang Dapat Dicegah

5 Penyebab Turun Mesin Motor Yang Dapat Dicegah

Adanya masalah dan kendala yang terjadi pada kendaraan yang digunakan memang sangat mengganggu, salah satunya adalah kondisi turun mesin atau istilah lain dari overhaul. Turun mesin motor terjadi dan dapat menyebabkan penurunan kualitas mesin dimana komponen penggerak atau piston mengalami keadaan aus. Keadaan seperti ini bisa saja disebabkan oleh berbagai macam hal dan beberapa diantaranya adalah seperti berikut ini :

1. Menggunakan Kendaraan Secara Sembarangan

Bagi pengguna yang memilih berkendara dengan motor sebaiknya berhati-hati. Pemakaian kendaraan yang terlalu agresif dan sembarangan akan membuat komponen kendaraan menjadi cepat rusak, khususnya pada bagian mesin. Terlebih lagi jika kendaraan digunakan secara rutin setiap hari. Menarik gas yang berlebihan merupakan salah satu kebiasaan yang sering ditemui dan sebaiknya dihindari agar dapat menjaga kualitas mesin kendaraan sehingga mampu bertahan dalam jangka panjang.

2. Oli Kendaraan Jarang Diganti

Kendaraan bermotor membutuhkan pelumas seperti oli untuk mendukung sistem permesinan pada kendaraan tersebut. Adapun oli yang dibutuhkan untuk kendaraan bermotor memiliki peran yang penting karena bagian mesin membutuhkan pelumas. Dengan menggunakan oli, komponen mesin akan terbantu saat mengalami pergesekan untuk menghasilkan panas yang dibutuhkan kendaraan. Seiring pemakaian kendaraan, kualitas oli akan semakin berkurang sehingga membutuhkan pelumas baru agar menghindari kerusakan mesin.

3. Sering Mengubah Dan Mengganti Mesin

Mengganti komponen mesin biasanya juga banyak ditemui di beberapa pengguna kendaraan bermotor. Pengguna memilih penggantian mesin seperti ini agar dapat melakukan perubahan performa kendaraan yang biasanya hingga ekstra. Adapun tujuan dilakukannya penggantian komponen yang dilakukan secara rutin sebenarnya juga akan menyebabkan penurunan kualitas mesin sehingga turun mesin pun dapat terjadi.

Beberapa pilihan yang dapat dilakukan saat melakukan penggantian komponen mesin, baik dari busi, bagian koil, atau bisa juga mengganti piston. Melakukan penggantian komponen seperti ini sebenarnya bisa menyebabkan resiko sehingga menurunkan kualitas mesin kendaraan yang digunakan. Sebaiknya, apabila ingin mengganti komponen mesin, gunakan komponen yang memenuhi persyaratan standar.

4. Adanya Penggunaan Kendaraan Di Saat Kondisi Banjir

Beberapa kasus terkait kendala turun mesin motor ini biasanya sering ditemui di berbagai kota besar yang sering dilalui pengendara bermotor. Terlebih lagi apabila pengguna kendaraan berdomisili di daerah yang sering mengalami banjir. Kendaraan bermotor memang dapat beroperasi bahkan saat melewati jalanan yang digenangi genangan air maupun banjir namun memberikan dampak buruk pada mesin motor.

Motor yang digunakan saat kondisi banjir dapat menyebabkan genangan air masuk melalui celah udara sehingga air akan bercampur dengan pelumas mesin kendaraan. Kendala seperti turun mesin mungkin belum berdampak secara langsung, terlebih lagi jika kapasitas genangan air yang rendah. Adanya genangan air yang masuk pada mesin juga memberikan dampak buruk untuk jangka panjang, seperti karat yang bisa muncul pada mesin sehingga kualitas mesin menurun.

5. Service Kendaraan Jarang Dilakukan

Keuntungan dari pembelian kendaraan bermotor adalah pemilik akan mendapatkan fasilitas service gratis selama beberapa waktu. Adanya fasilitas ini sebenarnya akan sangat menguntungkan bagi pemilik kendaraan bermotor untuk mengetahui dan mencegah kerusakan yang mungkin akan terjadi. Banyaknya aktivitas sehari-hari biasanya membuat pengguna malas untuk melakukan service, padahal layanan garansi seperti ini akan membantu untuk memperbaiki kendala, salah satunya pada komponen mesin.

Itulah beberapa penyebab umum turun mesin motor yang akan membuat kualitas mesin kendaraan menurun. Kendala turun mesin seperti ini membuat pengguna kendaraan bermotor menjadi lebih was-was. Masalah ini juga bukan termasuk kendala ringan karena apabila kondisi ini terjadi pada kendaraan yang digunakan, maka perbaikan mesin perlu dilakukan dengan biaya yang cukup besar.

 

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments

Jasa Mempercepat Website