Rabu, Juni 29, 2022
Google search engine
BerandaOTOMOTIF5 Nama Nama Sparepart Motor yang Wajib Diketahui Pengendara

5 Nama Nama Sparepart Motor yang Wajib Diketahui Pengendara

Bagi para pengguna sepeda motor, pastinya perlu mengetahui dan merawat beberapa bagian dari sepeda motor. Pengguna motor juga perlu mengetahui nama nama sparepart motor untuk bisa mengetahui cara perawatan yang baik dan jangka pemakaian. Hal itu karena setiap sparepart motor memiliki jangka pemakaian yang berbeda, terlebih lagi jika diganti baru.

Tak sedikit para pengendara motor mengabaikan dalam hal perawatan sparepart motornya, padahal itu sesuatu yang penting untuk kondisi motor. Sudah banyak bengkel yang menyediakan berbagai sparepart yang terjangkau, namun kualitasnya belum tentu terjamin. Berikut ini beberapa nama sparepart motor yang perlu diketahui untuk service berkala di bengkel:

1. Tali dan Kampas Rem

Tali dan kampas rem merupakan salah satu sparepart paling penting bagi kendaraan bermotor dan perlu dicek keadaannya secara berkala. Rem memiliki fungsi untuk mengendalikan laju dari kendaraan bermotor yang digunakan, serta untuk menghentikan laju motornya.

Pengguna perlu melakukan pengecekan secara berkala rem pada motor, sebelum mulai berkendara di jalan. Apabila rem dalam kondisi yang kurang baik, maka akan berisiko terhadap keselamatan pengendara di jalan.

Selain itu, kampas pada rem motor berfungsi sebagai penopang pada rem motor yang akan membuat kinerja rem semakin baik. Kampas rem harus dalam kondisi baik, supaya pada saat pengendara melakukan pengereman, akan berhenti dengan baik, tidak blong.

2. Busi

Salah satu nama nama sparepart motor lainnya yang perlu diketahui, yaitu busi pada sepeda motor yang dipakai. Apabila terdapat sebuah masalah pada busi kendaraan bermotor, maka kendaraan akan sulit dinyalakan. Busi berguna untuk membantu proses pembakaran pada mesin motor, sehingga motor bisa digunakan dan berjalan dengan baik.

Apabila melakukan perjalanan jauh dengan motor, sebaiknya pengendara perlu membawa busi cadangan untuk berjaga-jaga. Hal tersebut karena busi merupakan sparepart penting yang ada dalam kendaraan bermotor yang digunakan.

3. Ban

Sparepart motor yang satu ini merupakan komponen yang penting dalam kendaraan, baik motor maupun mobil. Ban menjadi titik tumpu bagi kendaraan bermotor untuk bisa terus digunakan oleh pengendara. Jenis bannya juga terdiri dari dua macam, ban tubeless dan juga ban yang biasa digunakan banyak orang.

Ban memiliki masa pemakaian, jangka waktu pemakaian ban sebaiknya tidak lebih dari dua tahun, untuk bisa diganti baru. Apabila tetap dipaksa untuk dipakai dalam kondisi yang sudah kurang layak pakai, maka hal itu akan membahayakan pengguna. Terlebih ketika musim hujan dan medan yang dilalui licin, pengendara akan terjatuh ketika mengendarainya.

4. Lampu

Salah satu nama sparepart motor lainnya adalah lampu. Lampu pada sepeda motor memiliki fungsi sebagai alat penerangan kendaraan dalam perjalanan yang ditempuhnya. Lampu harus dalam kondisi yang baik dan memiliki penerangan yang memenuhi standar untuk kendaraan. Hal tersebut juga untuk kenyamanan pengguna sendiri pada saat mengendarai sepeda motornya.

Jika lampu motor tidak dalam kondisi yang baik, maka akan menyulitkan pengendara untuk penerangan, terutama di malam hari. Sebaiknya, cek secara berkala kondisi lampu pada sepeda motor yang dipakai.

5. Rantai

Kemudian, sparepart lainnya adalah rantai pada sepeda motor yang memiliki fungsi untuk menghubungkan ban dengan mesin penggerak. Rantai harus dalam keadaan berputar yang baik ketika digunakan dalam perjalanan.

Hal ini juga akan memiliki kaitan dengan brand oli yang dipakai untuk pelumas pada rantai motor tersebut. Menjaga keamanan serta selalu melakukan pengecekan secara berkala pada rantai motor, akan memberikan kenyamanan ketika berkendara.

Beberapa nama nama sparepart motor yang perlu diketahui dan dirawat secara berkala oleh para pengendara sepeda motor. Pengecekan berkala juga akan menghindari kerusakan parah yang memerlukan banyak biaya. Hal tersebut juga akan berguna untuk kenyamanan serta keselamatan dari pengendara itu sendiri.

 

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments

Jasa Mempercepat Website