Repsol Honda Dikabarkan Bakal Rekrut Iker Lecuona untuk Gantikan Marquez

Ligaolahraga.com –

Berita MotoGP: Honda dirumorkan bakal mendatangkan eks pebalap MotoGP, Iker Lecuona, untuk menggantikan Marc Marquez sementara waktu pada kejuaraan MotoGP 2022.

Cedera mata yang dialami Marc Marquez hingga kini menjadi masalah tersendiri untuk Honda. Ketidakhadiran rider asal Spanyol itu membuat mereka kesulitan, terutama dalam mengembangkan motor RC213V versi 2022.

Namun, proses pemulihan Marquez tampaknya menunjukkan tanda-tanda positif. Pria berusia 28 tahun itu pun sudah mulai berlatih motorcross lagi.

Meski begitu, belum diketahui apakah kondisi sang juara dunia MotoGP enam kali itu cukup baik untuk mengendarai motor MotoGP yang bertenaga lebih besar dibanding motorcross. Honda pun kabarnya sudah menyiapkan rencana cadangan jika ia belum siap untuk mengaspal lagi.

Biasanya, pabrikan asal Jepang itu akan menunjuk pebalap penguji mereka, Stefan Bradl, sebagai pengganti Marc Marquez ketika tidak bisa balapan, seperti di kejuaraan MotoGP 2020 silam. Akan tetapi, Honda disebut-sebut punya rencana lain kali ini.

Mereka diisukan ingin merekrut eks pebalap MotoGP, Iker Lecuona, untuk mengisi posisi Marquez sementara waktu di musim 2022. Sekadar informasi, Lecuona dahulunya membela Red Bull KTM Tech3 yang akhirnya didepak pada penghujung MotoGP 2021.

Usai kehilangan kursinya di Tech3, pria asal Spanyol itu merapat ke ajang World Superbike (WSBK) pada musim 2022. Akan tetapi, isu tersebut membuat pintu MotoGP tampaknya kembali terbuka untuk Lecuona.

Kendati demikian, perekrutan rider berusia 22 tahun itu juga berisiko karena ia gagal menunjukkan performa solid ketika tampil di kelas utama bersama Tech3. Honda pun harus berjudi jika benar-benar menjadikannya sebagai pengganti Marquez meski hanya sementara waktu.

Akan lebih aman bagi pabrikan berlogo sayap tunggal itu jika kembali mempercayakan Bradl untuk menjadi tandeman Pol Espargaro pada beberapa balapan musim 2022. Sebab, sebagai pebalap penguji, pria asal Jerman itu tentunya lebih memahami motor RC213V ketimbang Lecuona yang nantinya butuh waktu lagi untuk beradaptasi.

Artikel Tag: Marc Marquez, Honda, Iker Lecuona, MotoGP 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/repsol-honda-dikabarkan-bakal-rekrut-iker-lecuona-untuk-gantikan-marquez

Tinggalkan komentar