Masa Kadaluarsa Ban Mobil : Letak Tanggal, Kode, Efek & Cara Cek

Masa Kadaluarsa Ban Mobil – Terdapat cukup banyak jenis kendaraan yang saat ini bisa kita jadikan sebagai pelengkap aktivitas harian. Selain tingginya minat masyarakat terhadap jenis kendaraan roda dua, ternyata minat masyarakat untuk memiliki sebuah kendaraan roda empat atau mobil pun juga terus meningkat.

Apalagi dengan fungsionalitsnya yang tinggi, mobil juga memiliki begitu banyak jenis pilihan. Mulai dari mobil keluarga, mobil sport, mobil MPV, mobil Hatchback, mobil SUV dan serta jenis mobil lainnya. Yang dimana hal ini otomatis membuat pemilihan jenis mobil pun akan dapat kalian sesuaikan dengan kebutuhan.

Namun satu hal yang perlu kalian ingat, apapun jenis mobil yang akan dibeli untuk di jadikan sebagai alat transportasi harian baik pribadi maupun keluarga. Sama halnya dengan motor, mobil juga perlu untuk kalian rawat dengan baik mulai dari bagian dalam, luar, mesin maupun kaki-kakinya.

Dan bicara mengenai perawatan mobil terutama pada bagian kaki-kaki, mungkin kita semua sudah paham jika ban mobil adalah bagian paling penting karena komponen inilah yang nantinya akan langsung berhadapan dengan medan jalan.

Pemilihan dan penggunaan ban dengan merk maupun jenis yang tepat tentu akan membuat rasa nyaman berkendara akan semakin terasa. Namun jika kita bicara ban mobil, belakangan ini banyak sekali pengguna internet menanyakan akan kebenaran masalah masa kadaluarsa ban mobil. Jadi untuk detail lengkapnya mari simak sama-sama di bawah ini.

Adakah Masa Kadaluarsa Ban Mobil?

Banyak sekali pengguna internet yang mencari informasi terkait masa kadaluarsa ban mobil, efek dan juga cara mengetahuinya. Hal tersebut wajar-wajar saja, karena pada dasarnya ban mobil sendiri menjadi bagian paling penting di dalam sebuah kendaraan apapun itu jenisnya, tidak terkecuali pada mobil.

Namun dari semua pertanyaan yang kami tulis di atas apakah benar ada masa kadaluarsa ban mobil? Nah mengutip dari berbagai macam sumber yang kami percaya. Singkatnya sama sekali tidak ada patokan kapan masa kadaluarsa ban mobil itu bisa kita ketahui.

Alasannya tentu saja karena semakin sering mobil digunakan, maka semakin cepat pula masa pakai habis dan begitu pula sebaliknya. Jadi jika di tanya apakah ada masa kadaluarsa ban mobil? silahkan kalian jawab tidak ada atau belum ada patokan mengenai hal tersebut.

Karena dengan tingkat aktivitas berbeda-beda setiap pengguna mobil, maka kualitas ban yang ada pun akan berbeda. Lantas kode produksi ban mobil itu berarti bukan menunjukan masa kadaluarsa?

Tentu saja bukan, karena kode produksi ban disematkan pada bagian samping merupakan kode masa jaminan yang diberikan oleh pihak pabrikan kepada setiap konsumen. Dimana, rata-rata ban mobil akan punya masa jaminan selama 5 tahun, namun perlu kalian ingat bahwa  itu bukanlah merupakan masa kadaluarsa ban mobil.

Kode & Letak Tanggal Kadaluarsa Ban Mobil

Kode Letak Tanggal Kadaluarsa Ban Mobil

Nah dari penjelasan singkat yang sudah kami sampaikan di atas. Setidaknya sesampainya di sini mungkin bisa di katakan bahwa ban mobil tidak memiliki masa kadaluarsa karena kode yang ada di bagian luar ban bukan merupakan penanda batas kadaluarsa.

Dengan begitu jika ada dari kalian yang bertanya dimana kode dan letak tanggal kadaluarsa ban. Tentunya kalian tak akan bisa menemukannya. Karena memang pada dasarnya kode ban yang tertera di bagian tubuh luar bukanlah kode dan letak tanggal kadaluarsa.

Melainkan merupakan kode produksi sekaligus kode tahun jaminan dari pihak pembuat. Jadi ketika kalian melihat adanya kode tersebut, pastikan kalian tidak menjadikan tanggal dan kode tersebut untuk penggantian ban mobil yah.

Efek Masa Kadaluarsa Ban Mobil

Meskipun bukan merupakan sebuah kode atau pertanda bahwa masa kadaluarsa ban mobil segera datang. Namun apapun maksud dari kode atau tanggal yang terlihat pada bodi luar ban tersebut tentu bisa menjadi pengingat bahwa ban sudah digunakan cukup lama sehingga kemungkinan besar ban habis sebelah atau lain sebagainya.

Dengan begitu, artinya kalian pun juga harus lebih waspada karena dengan adanya ban mobil yang sudah mulai berkurang kualitasnya akan menimbulkan banyak efek atau gejala-gejala yang memungkinkan berkendara semakin tidak nyaman.

Namun bicara mengenai efek masa kadaluarsa ban mobil habis, berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin akan kalian rasakan ketika ban mobil sudah tak lagi sempurna.

  • Pertama ban mobil sudah terlalu lama digunakan akan memiliki karet dengan kualitas yang sudah menurun alias getas dan mudah pecah.
  • Selain itu, tidak menutup kemungkinan bahwa ban mobil dengan kondisi lama digunakan juga akan begitu rentan terhadap benda-benda tajam yang ada di jalanan.
  • Jika terlalu banyak tekanan angin ada di dalamnya, akan membuat ban sangat mudah bocor dan ban benjol.

Cara Cek Kadaluarsa Ban Mobil

Dari penjelasan singkat terkait masa kadaluarsa ban mobil seperti apa yang sudah otoflik.com jelaskan dan sampaikan di atas. Tetap saja ada dari kalian yang mungkin masih menyisakan pertanyaan terkait ban yang kadaluarsa.

Salah satunya terkait cara mengetahui atau cara cek kadaluarsa ban mobil. Jika memang ini perlu dan penting untuk kalian ketahui, maka silahkan simak pada penjelasan di bawah ini terkait tips cara menentukan masa kadaluarsa ban mobil.

1. Pertama Lihat Kode Produksi Ban

Cara pertama yang dapat kalian lakukan ketika ingin mengetahui apakan ban mobil kalian sudah kadaluarsa atau sudah melebihi batas jaminan dari pihak produsen yakni dengan kalian melihat kode produksi ban. Pun begitu ini pun bukan menjadi patokan kuat bahwa ban sudah kadaluarsa.

Karena sepemahaman kami, ketika ada barang sudah dalam masa kadaluarsa. Maka satu-satunya hal yang pasti memperbaikinya yaitu dengan menggantinya ke yang baru. Namun karena buka merupakan sebuah patokan, selama ban masih nyaman digunakan maka silahkan kalian gunakan saja ban tersebut.

2. Cek Kualitas Ban

Cara mengetahui masa kadaluarsa ban mobil yang berikutnya adalah memperhatikan secara seksama bagian ban luar maupun dalam ketika melakukan perbaikan. Dimana kondisi ban yang sudah mulai aus atau tipis sebelas.

Itu artinya ban sudah kadaluarsa dan harus segera kalian ganti dengan pilihan ban mobil bagus yang punya harga jual cukup terjangkau sebagaimana Bridgestone, GT Radial dan lain sebagainya.

Akhir Kata

Seperti itulah kiranya penjelasan yang kali ini dapat otoflik.com sampaikan terkait masa berlaku kadaluarsa ban mobil serta kode dan letak tanggal kadaluarsa sekaligus cara cek kadaluarsa ban mobil. Kami harap apa yang sudah kami sampaikan di atas bisa menjadi referensi menarik serta beramanfaat.

Tinggalkan komentar