Beberapa Kelebihan Ban Tubeless Yang Perlu Kamu Ketahui

Sepeda motor menjadi alat transportasi utama yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia untuk menemani aktivitas sehari-hari. Sepeda Motor banyak dipilih karena dinilai banyak memiliki kelebihan seperti mudah digunakan, praktis, perawatan mudah dan juga irit. Jika dilihat dari sisi harga beli, sepeda motor sangat terjangkau untuk hampir semua kalangan di Indonesia. Sebagai contoh, harga motor Honda dari tahun ke tahun adalah yang cukup kompetitif di pasaran.

Banyaknya pengendara motor saat ini memicu produsen untuk semakin meningkatkan pelayanan dengan terus memberikan inovasi baru dan harga yang semakin bersaing. Inovasi-inovasi ini tentunya diharapkan semakin mempermudah dan meningkatkan kenyamanan konsumen saat mengendarai motor.

Keawetan dan performa suatu motor adalah mutlak tanggung jawab pemilik setelah motor tersebut dibeli. Jika menginginkan motor yang awet dengan performa maksimal perawatan rutin adalah hal yang wajib utuk dilakukan. Selama ini, fokus dari para pemilik sepeda motor adalah perawatan mesin karena tidak bisa dipungkiri mesin adalah nyawa dari sepeda motor itu sendiri.

Sebenarnya, di samping mesin, para pemilik sepeda motor juga harus memperhatikan penggunaan ban untuk sepeda motornya. Selama ini kebanyakan orang menganggap semua ban adalah sama, sehingga mereka hanya merawat seputar penggantiannya saat ban dalam aus dan grip ban luar sudah mulai halus.

Jika ditanya ban tubeless tentunya sudah tidak asing lagi karena sering mendengarnya. Namun apakah semua orang mengetahui kelebihan ban tubeless itu sendiri?

Dengan mengganti ban motor kamu dengan ban tubeless bisa dipastikan kamu dapat menjaga aktivitas berkendara tetap berjalan lancar. Berikut beberapa keunggulan dari ban tubeless. Yuk simak!

1. Daya Tahan Ban Tubeless Lebih Kuat

Jika menggunakan ban tubeless kamu tidak akan memerlukan ban dalam. Ban tubeless menggunakan inner yang merekatkan bagian ban dengan velg, sehingga ban dapat menahan tekanan udara dari dalam yang menjadikan tekanan angin pada ban tidak berkurang meski sudah lama. Daya tahan ban tubeless menjadi lebih kuat karena daya adesive glue power lebih tinggi dibnding daya kohesif karet pada ban biasa.

2. Lebih Tangguh Menahan Bocor

Ban tubeless tentu saja seperti layaknya ban biasa yang dapat mengalami kebocoran. Namun, kelebihan dari ban ini adalah memiliki ketahanan yang lebih dalam urusan menahan kebocoran. Hal ini disebabkan karena tidak menggunakan ban dalam serta pemanfaatan partikel yang kuat pada ban tubeless ini dapat meminimalisir kebocoran akibat tertusuk benda-benda tajam.

Contoh kasus adalah ketika melindas paku, ban tubeless tidak akan langsung kehilangan tekanan secara drastis sehingga masih dapat bertahan hingga menemukan bengkel tambal ban terdekat.

3. Lebih Baik Dalam Bermanuver

Kelebihan lain yang dimiliki ban tubeless yaitu lebih baik dalam bermanuver. Bentuknya yang solid dan stabil menjadikan ban tubeless memiliki daya cengkram terhadap jalan yang lebih baik. Kelebihan inilah yang menjadikan ban tubeless menjadi pilihan penggunaan ban dalam berbagai ajang balap.

4. Cocok untuk Kondisi Hujan

Mirip dengan poin sebelumnya, ban ini lebih aman digunakan dalam kondisi hujan. Karena ban tubeless memiliki tapak yang lebih lebar, relief grove atau kembangan yang lebih dalam dibanding ban biasa, sehingga membuat ban tubeless memiliki daya cengkeram yang kuat pada jalan. Dengan demikian ban tidak akan mudah selip saat melewati jalanan basah.

Setelah mengetahui keunggulan ban tubeless, tentunya sekarang kamu dapat menyimpulkan bahwa pilihan ban juga sangat menentukan performa dan kinerja sepeda motor dalam menemani aktivitas harian kamu. Jadi, kalian tim ban tradisional atau ban  tubeless nih?

Tinggalkan komentar