Diprotes Para Pebalap MotoGP, Sirkuit COTA Diaspal Ulang

Ligaolahraga.com –

Berita MotoGP: Usai permukaan lintasan Circuit of The Americas (COTA) mendapat banyak keluhan dari para pebalap MotoGP, sebagian trek yang berlokasi di AS itu diaspal ulang.

Seusai seri ke-15 Kejuaraan Dunia MotoGP 2021, MotoGP AS, awal Oktober lalu, sebagian besar pebalap kembali mengeluhkan lintasan COTA. Hal tersebut dikarenakan kondisi trek disana membuat motor kerap memantul saat melakukan pengereman.

Kabar baik pun datang. Permintaan para rider MotoGP akhirnya ditanggapi oleh sang pemilik sirkuit, meskipun tak seluruh area diperbaiki.

Franco Uncini yang kini menjabat sebagai Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) Safety Officer di MotoGP mengakui bila banyak pebalap kelas utama yang mengeluhkan kondisi sirkuit dengan panjang lintasan 5,513 km tersebut.

“Saya mengunjungi Texas pada musim panas lalu, antara dua race di Austria. Saya mencatat memang ada sejumlah lubang tetapi tidak sebanyak yang kami temukan sepanjang akhir pekan MotoGP Amerika (1-3 Oktober),” kata Uncini seperti dikutip dari laman MotoGP.com.

Ia kemudian menjelaskan bahwa aspal Sirkuit COTA sangatlah lunak sehingga lubang mudah terbentuk.

“Situasi sepanjang akhir pekan balapan (GP Amerika) sangat buruk. Kami sudah mengungkapkan keinginan agar seluruh permukaan lintasan diaspal ulang. Namun mereka (pemilik sirkuit) menjawab itu tidak mungkin,” tutur pria asal Italia itu.

“Tetapi, mereka tahu area paling kritis sirkuit, antara saat akan masuk Tikungan 2 sampai menjelang keluar Tikungan 10,” imbuhnya.  

Solusi tersebut pun diyakin banyak pihak, termasuk Uncini, bisa mengatasi permasalahan yang dialami para pebalap MotoGP.

“Dalam kesepakatan dengan para pebalap, mereka (pemilik sirkuit) menyebut inilah yang minimal bisa dilakukan,” tutup Uncini

Artikel Tag: COTA, 2021, MotoGP AS, MotoGP 2021

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/diprotes-para-pebalap-motogp-sirkuit-cota-diaspal-ulang

Tinggalkan komentar